Jumat, 13 Februari 2009

ADA APA DENGAN CINTA?

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.Kasih tidak berkesudahan....
(I Korintus 13:4-8)



Tanggal 14 adalah hari valentine, orang-orang menyebutnya hari kasih sayang. Hari penuh cinta. Tapi bagi saya tidak ada yang istimewa di hari tersebut, karena bagi saya, valentine day is everyday. memang tidak dapat dipungkiri bahwa tanggal 14 Februari dijadikan sebagai moment kasih sayang, dimana orang-orang akan memberikan kado, coklat yang dihias indah, acara spesial dan banyak hal lainnya untuk orang yang dicintai. Permasalahannya adalah, itu hanya sekedar tradisi, yang dilakukan setahun sekali. Tanpa disertai makna dan pengertian akan cinta yang sebenarnya. Lalu setelahnya? tidak terlihat moment kasih sayang lagi.


Jadi sebenarnya apa itu cinta, sayang atau kasih atau bahasa sebangsanya?

KASIH ITU YESUS, ya sudah pasti. karena Firman Tuhan mengatakan dalam Yohanes 3:16
"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."
tidak ada seorangpun yang rela memberikan nyawa untuk orang-orang berdosa. Kita pasti rela memberkan nyawa untuk orang yang sekat dengan kita, yang banyak berjasa, yag dekat dan orang yang khusus tentunya. Tapi Yesus memberikan nyawanya buat kita semua, meskipun kita seringkali tidak mengasihi Dia. Tapi mari kita belajar mengenal apa itu cinta dan cinta yang seperti apa yang seharusnya kit miliki.

Dalam hidup kita sehari-hari, tidak bisa lepas dari yang namanya CINTA. tapi sering kali kita tidak menyadari bahwa kita tidak mengerti sama sekali tentang arti cinta itu. Sekarang coba cek kembali kegiatan kita sehari-hari. Bangun tidur, seharusnya kita berdoa tapi jika kita tidak punya rasa CINTA KEPADA TUHAN, doa pasti malas banget,ato kita tetep berdoa tapi KARENA TIDAK DENGAN CINTA maka kita gak dapat apa-apa.
Dalam pelayanan di gereja, kalo kita tidak cinta dengan pelayanan kita kepada Tuhan, maka pelayanan kita hanya begitu-begitu saja. tidak akan membawa dampak apa-apa bagi gereja atau dimanapun kita melayani.
lalu bagi yang bekerja, kalo tidak MENCINTAI BIDANG PEKERJAANNYA, maka untuk berangkat pun malas, mengerjakan segala sesuatu hany asebagai rutinitas belaka dan perlu diwaspadai. bagaimana kitabisa minta diberkati lebih lagi, kalo dengan pekerjaan kita, kita tidak cinta
Lalu yang sekolah aatau kuliah. lagi lagi..KALO TANPA CINTA, bisa dipastikan semua yang dipelajari tidak akan maksimal, sering bolos, mengumpat guru/dosen.endingnya gak lulus lulus deh.....
Tidak ketinggalan masalah cinta dalam hal PASANGAN HIDUP, kalo tidak ada cinta yang murni dan tulus maka hubungan akan rusak.
Trus yang dirumah, kalo tidak mencintai pekerjaan rumah ya isinya pasti mengeluh dan mengeluh terus.
Dalam kehidupan sosial, kallau kita tidak punya cinta terhadap sesama maka kita tidak akan pernah peduli dengan orang-rang miski, gelandangan, anak-anak jalanan, korban bencana, dan sebagainya.
Tanpa cinta, apapun yang kita kerjakan hanya menjadi sebuah rutinitas saja, tidak akan ada hal hal baru yang kita dapatkan. dan kita tidak akan menjadi orang yang maksimal.

Betapa bahayanya kalo kita melakukan segala sesuatu tanpa didasari cinta.
Pelajaran ini saya dapat dari seorang hamba Tuhan yang melayani di korea, ini sangat berharga buat saya. Karena saya baru menyadari bahwa dalam hidup ini NUMBER ONE IS: LOVE. Ya, cinta itu yang utama.


Kalau setiap orang melakukan segala sesuatu dengan cinta maka betapa luarbiasanya hidup itu. Entah itu hubungan dengan Tuhan, pelayanan, pekerjaan, study,sosial,dan seagainya.


whatever u do, do the best with LOVE dan harus setiap saat. tidak sekedar tgl 14 Februari saja. Bukan dengan pesta sesaat, atau pemberian yang sementara, bukan juga sekedar tradisi yang dirayakan setahun sekali. tapi cinta itu harus ada dalam setiap nafas hidup kita, setiap hari, setiap saat. Cinta yang tulus dan murni. dan alami hal hal baru, hal hal luarbiasa dalam hidup kita. Dan ingat!!! Firman Tuhan berkata : jika kita setia dalam perkara kecil Tuhan akan tambah-tambahkan, Dia akan percayakan yang lebih besar. Nah...jika kita melakukan segalanya dengan CINTA, sekecil apapun hal yang kita kerjakan.so...hidup kita akan lebih lebih dan lebih lagi di dalam Tuhan.

Selamat mengerjakan segalanya dengan CINTA
Tuhan Mencintaimu....

1 komentar:

sahala napitupulu mengatakan...

Nice posting, sangat memberkati, karena telah mengingatkan kita kembali betapa cinta itu harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dalam segala hal yang kita kerjakan. Jadi memang tidak harus moment Valentine kita mengungkapkan cinta kita.Dan cinta diatas segala cinta ialah cinta yang dimiliki oleh Tuhan Jesus.